Beranda > Artikel > 7 Alasan Orang Lebih Memilih Android ketimbang Blackberry

7 Alasan Orang Lebih Memilih Android ketimbang Blackberry


Memang kedatangan Blackberry pada awalnya sangat disambut dengan baik oleh pengguna ponsel. Mereka belomba-lomba dalam membeli Ponsel Blackberry. Fitur utama dari Blackberry yang merupakan fitur yang diburu oleh banyak orang untuk membeli Blackberry adalah BBM alias Blackberry Messenger. Jelas banyak pengusaha yang membutuhkan ponsel yang bisa digunakan untuk melakukan promosi produk mereka, menjalin mitra dengan perusahaan lain, mereka cukup mengandalkan BBM untuk melakukan komunikasinya. Mereka bisa saling mentransfer gambar daripada produk yang akan mereka jual. Bahkan kini banyak anak muda di Indonesia yang beralasan menggunakan Blackberry hanya karena supaya menambah gengsi dan juga bisa merasakan BBM.

Namun kejayaan Blackberry memang tidak bertahan lama di Pasar Dunia. Lalu apakah penyebab dari penurunannya pasar Blackberry ? Ternyata sekarang ini banyak orang lebih memilih Android ketimbang Blackberry. Banyak orang-orang yang tadinya sempat mengidam-idamkan Blackberry kemudian berpindah haluan untuk menggunakan Android. Lalu apakah alasan mereka menggunakan Android ketimbang Blackberry ?
Berikut ini 7 Alasan Orang Lebih Memilih Android ketimbang Blackberry :

1. Android itu Open Source
Open Source merupakan jagoan utama dari Android. Dengan menggunakan Sistem Open Source, banyak orang bisa memodifikasi sistem dari Android dengan mudah. Tidak perlu menjadi developer untuk bisa mengembangkan aplikasi Android. Android dengan Open Sourcenya memudahkan kita untuk bisa mengkustom Sistem Android kita yang bisa sesuai dengan selera kita.

2. Menggunakan Base Linux dan Java
Sebenarnya Android bukan hanya menggunakan Base Linux saja untuk Sistemnya, tetapi juga menggunakan Java, sehingga sangat banyak dukungan aplikasi yang bisa digunakan di Android. Meski kita diharuskan untuk memasang aplikasi Java melalui pihak ketiga, dukungan aplikasi java terhadap Android juga cukup banyak. Sehingga memudahkan para pembuat aplikasi dari java menanamkan aplikasinya diperangkat Android. Bukan hanya itu, Android juga menggunakan Linux sebagai Base Utamanya. Kernel dari Android diambil dari kernel Linux. Itu sebabnya Android menjadi Open Source dan setiap orang bisa memodifikasinya.

3. Android Market Surganya Aplikasi Gratis
Seperti yang kamu lihat sekarang ini, aplikasi yang tersedia di Android market rata-rata adalah gratis. Bahkan mungkin 70 % itu Free dan kita tidak usah membayar lisensi apapun, sedangkan sisanya yaitu 30 % merupakan aplikasi berbayar yang kita diharuskan membayar lisensinya jika kita ingin memasangnya di ponsel Android kita. Itu lah mengapa Android market disebut sebagai Paradise of Free Apps. Selain Android market, banyak juga aplikasi yang disediakan di Market-market lain selain Android market. Inilah yang menjadi nilai tambah di Android.

4. Game Android Lebih Powerfull
Faktor ini pula yang menyebabkan banyaknya pengguna Blackberry yang ingin berganti ke Android. Beberapa hari menggunakan Blackberry, setelah melihat kemampuan gaming dari ponsel Android, banyak dari mereka segera menjual Ponsel Blackberry mereka untuk merasakan game-game di ponsel Android. Seperti saya yang juga terkesan ketika melihat kemampuan gaming Samsung Galaxy S. Apalagi layarnya cukup lebar dan tentu saja sangat responsif.

5. Browser Android Lebih Cepat
Memang pada awalnya Browser pada Android versi lawas belum bisa menyaingi Browser di Blackberry. Ditambah lagi dengan koneksi Stabil dari BIS yang menyebabkan Browser Blackberry menjadi cepat. Namun seiring dengan peluncuran update hingga ke versi 4.0 ICS, Android bisa diatas angin. Browsernya cukup handal untik membuka situs kelas berat seperti yang sudah saya ujicoba ketika menggunakan http://www.html5test.com mendapatkan nilai yang cukup mumpuni meski masih kalah bila dibandingkan dengan Chrome for Android.

6. Harga Ponsel Android yang murah
Harga juga merupakan faktor penentu seseorang ketika akan membeli sebuah ponsel. Mereka befikir bahwa dengan budget yang mereka miliki, mereka bisa membeli ponsel dengan kemampuan yang tangguh. Mereka dihadapkan pada pilihan Blackberry dan Android. Dengan Budget 2jt, mereka mengingkan ponsel dengan kemampuan mumpuni. Mereka pasti akan tertarik antara Blackberry 9300 dengan Sony Xperia Mini Pro atau Live With Walkman. Jelas bagi mereka yang membutuhkan sarana hiburan dan multimedia lengkap, produk dari Sony bisa dijadikan pilihan. Namun jika menginginkan koneksi tangguh, mereka bisa menjadikan 9300 sebagai pilihan. Namun ternyata banyak orang lebih memilih Android ketimbang Blackberry.

7. Paket Internet Murah Untuk Android
Ini juga merupakan faktor yang menjadikan Android untik dijadikan sebagai ponsel utama. Paket Internet yang ditawarkan operator untuk saat ini terbilang murah. 1 bulan, pengguna Android bisa menghabiskan pulsa sekitar 30rb. Berbeda dengan Blackberry yang menghabiskan pulsa sekitar 60rb. Meski layanan BIS dari XL untuk saat ini bisa dibilang sangat murah. Hanya 49rb untuk 3 bulan, namun koneksi BIS hanya membatasi untuk aplikasi yang hanya bisa berjalan melalui jalur BIS. Koneksi ke streaming youtube harus menggunakan pulsa lokal. Tidak bisa untuk berstreaming video.

Demikian 7 alasan orang lebih memilih Android ketimbang Blackberry. Artikel ini saya buat berdasarkan survei yang saya lakukan sendiri, baik melalui situs jejaringan sosial maupun di masyarakat. Terimakasih sudah mau membaca artikel dari saya😀

  1. Belum ada komentar.
  1. No trackbacks yet.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: