Beranda > Tutorial > Tutorial : Konfigurasi Modem USB di Android x86

Tutorial : Konfigurasi Modem USB di Android x86


Gmana caranya Gan ? Apa tinggal langsung Plug n Play gitu ?

Dikatakan PnP belum tapi hampir. Oke langsung aja cara konek langsung modem di Android-x86, sebelumnya ane tekankan bahwa ini ane coba di modem ane ZTE AC2726 untuk modem yg lain ane belum tahu, KEMUNGKINAN bisa.

– Langkah PERTAMA, tentukan modemnya udah tty apa belum
Langkah untuk menentukan udah tty apa belum di android, colokkan modem usb kita, masuk ke console, terus buat perintah ls /dev/ttyUSB* , kalo hasilnya tidak dapat menemukan drive tty berarti modem belum tty, kalo muncul ttyUSB0, ttyUSB1, dll berarti udah tty

Kebanyakan modem USB sekarang ini termasuk modem ane udah ada driver-nya yg untuk windows yang tersimpan didalam modemnya, istilahnya virtualCD-nya atau ZeroCD. Di linux dan juga android ZeroCD ini nggak diperlukan makanya perlu ditiadakan dulu karena ini yg menghalangi modemnya terdeteksi sbg modem, kalo di linux bisa pake usb_modeswitch tapi sayang binary yg untuk android-x86 belum ada, kalo ada yg bisa compile binary usb_modeswitch untuk android-x86 silahkan check disini http://www.draisberghof.de/usb_modeswitch/, disitu ada yg untuk linux dan android-ARM, belum ada yg untuk android-x86.

Cara lain yg bisa digunakan untuk meniadakan ZeroCD adalah dengan memasukkan AT command ke usb modem kita (ini yg ane pake). Berikut cara memasukkan AT command di Windows.

  1. Gunakan hyperterminal di windowsXP atau kalo pake win7 bisa download disini http://www.4shared.com/zip/lB-mHwCq…rterminal.html, atau bisa juga pake putty
  2. Backup driver modem dulu, kemudian install driver untuk modem terlebih dahulu, lalu cari port modem di device manager — modem — nama modem, misalkan ketemu portnya di COM13
  3. Tutupkan semua program yg aktif ke modem (misal modem GUI atau akses internet), kemudian jalankan hyperterminal
  4. Masukkan nama, kemudian ganti “connect to COM13”, lalu OK
  5. Tentukan bits per second = 115200, data bit = 8, parity = none, stop bit = 1, flow control = none
  6. Di console ketik ATE1, kemudian enter. Ketik AT+ZCDRUN=8, kemudian enter, save lalu close. Perintah AT+ZCDRUN=8 adalah untuk men-off-kan ZeroCD di modem ZTE ane, untuk men-ON-kan lagi AT+ZCDRUN=9. Untuk modem lain perintahnya bisa berbeda, bisa dicari di google “AT command for yyy modem”. Untuk modem huawei sepertinya pake perintah AT^U2DIAG=0

Bisa juga pake putty, pilih session, lalu pilih serial, lalu masukkan COM portnya, lalu open, terus masukkan AT command-nya.
Kalau semuanya lancar maka status modem udah tidak ada ZeroCD-nya berarti udah bisa tty, konsekuensinya kita tidak bisa akses driver modem yg untuk windows, makanya tadi ada langkah untuk membackup driver modemnya dulu.

-Langkah KEDUA, file2 yg dibutuhkan
Untuk lebih mudahnya

  1. Download dulu file yg dibuthkan disni http://www.4shared.com/zip/pF49WKi0/system.html
  2. Extract kemudian copy file2nya sesuai dg folder2nya di /system androidx86, cara mengkopinya bisa di Windows dg cara2 yg udah pernah ane kasih atau di linux atau langsung di androidnya juga bisa pake root explorer.
  3. Edit file /system/etc/ppp/peers/gprs ,menggunakan notepad atau notepad++ kalo di windows. Yg perlu diedit adalah
    user “diedit”
    password “diedit”
    connect ‘/system/xbin/chat -v “” “AT” “” “ATD diedit CONNECT”‘
    Karena ane pake smart maka user n passwordnya “smart” dan ATDnya #777, kalo yg lain tinggal dimasukkan aja kemudian save
    Dan juga yg perlu diedit adalah /dev/ttyUSB0, kemungkinan modem lain ada yg di posisi ttyUSB1 atau lainnya, untuk cara biar otomatis ane belum tahu

– Langkah KETIGA, konek modem dg android-x86
Kalo file2nya udah dicopy dan diedit, kemudian masuk ke androidx86

  1. Berikan permission untuk file2 yg udah dicopy yaitu file /system/xbin/chat dan /system/xbin/konek.gan, bisa menggunakan root explorer lalu dicentang semua permissionnya atau dg perintah
    chmod 777 /system/xbin/chat
    chmod 777 /system/xbin/konek.gan
  2. Kalo udah dibuat permissionnya, lalu masuk ke console (ALT+F1) atau pake program terminal emulation, lalu masukkan perintah
    su
    konek.gan
  3. Jangan tutup konsole (atau diminimize) kemudian browsing dg browser yg ada, kalo belum bisa, tutup browser lalu buka browser lagi, biasanya 2-3 kali udah bisa kebuka halaman webnya

Dg cara ini belum bisa akses market, atau kalo udah pernah login ke google market pake wifi maka bisa konek ke market tapi nggak bisa download, alternatinya pake blackmart alpha. Untuk download yg lain (yg bukan di market) bisa. Kalo pengen browsing enaknya pake opera yg untuk androidx86 http://get.opera.com/pub/opera/andro…2_x86_LABS.apk

Selamat Mencoba

Credit  To XtraartX

  1. Agustus 12, 2012 pukul 9:31 am

    kok link nya ga ada yang nyambung ?

    • ikram
      Agustus 26, 2012 pukul 2:52 pm

      Ilangin tanda * di lInk 4sharednya Bro😀

  2. Budi Santoso
    Agustus 26, 2012 pukul 11:05 am

    Terima kasih atas post nya. Dengan petunjuk yang anda berikan di atas, saya dapat secara langsung konek ke internet di ubuntu 12.04 setelah memanggil “pppd call gprs”. Namun pada android-x86 4.0-RC2 “pppd call gprs” tidak menghasilkan output apapun dan internet tidak tersambung. Modem saya adalah ZTE AC2791, dan modem secara otomatis mematikan fitur “zero CD” nya pada OS non windows (bisa saya lihat dari “ls /dev | grep USB” menunjukkan ttyUSB0-3). Mohon bantuannya. Terima kasih.

  3. Bayu
    September 15, 2012 pukul 8:57 am

    http://www.4shared.com/zip/
    pF49WKi0/system.html

    file tidak ditemukan gan , mhon solusinya ,

  4. Oktober 2, 2012 pukul 10:19 pm

    bisa kok Bro linknya… :d

  5. Arya_26
    Desember 27, 2012 pukul 9:35 am

    gan kalu di tab yang belum di root gmn???
    soalnye tab ane kagak bisa diroot dikarenakan chip nya amlogic,,, tab ane Advan T2Ci (amlogic)

    tolong dibantu gan untuk konek modem smartfren connex ce682 ui
    karena di rumah adanya modem itu doank…

    bantu ya gan

  6. Maret 17, 2013 pukul 3:52 pm

    brow,maksudnya Berikan permission untuk file2 yg udah dicopy yaitu file /system/xbin/chat dan /system/xbin/konek.gan, bisa menggunakan root explorer lalu dicentang semua permissionnya apa gans,mohon bantuannya,,

  7. April 4, 2013 pukul 12:56 pm

    (Francis would win another for color cinematography of “Glory” in
    1989 and a BAFTA nomination for his work for Martin Scorcese’s 1991 “Cape Fear. They design although no different from yours, but similar caused numerous women there often recommend the repeatedly shout, looks even years constant of the paragraph red bottom replica christian louboutin still oodles charm. Golden Globe Awards 2013: Jessica Alba shows off her hourglass figure in orange Oscar de la Renta dress.

  8. Juli 10, 2013 pukul 3:05 am

    Hi there! This article could not be written any better! Reading through this article reminds me of my previous
    roommate! He constantly kept talking about this. I most certainly will
    send this article to him. Pretty sure he’ll have a very good read. Thank you for sharing!

  1. No trackbacks yet.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: